tag
Basket
Latihan Selama Bulan Ramadan

Timnas Basket Kerja Keras

Jumat, 12 Juli 2013 16:12 WIB
Timnas basket Indonesia tetap genjot latihan selama Ramadan.
  • Timnas Basket Kerja Keras

    Timnas basket Indonesia tetap berlatih saat bulan puasa.

Timnas basket Indonesia tetap menjadwalkan latihan normal selama bulan puasa. Itu merupakan bagian persiapan SEA Games Myanmar 2013.

Tim nasional basket putera yang tergabung dalam pelatnas tetap menjalani latihan normal selama Ramadhan sebagai persiapan mereka jelang SEA Games Myanmar 2013, Desember nanti.

Jadwal latihan pun tak berubah, tiga jam setiap pagi dan sore setiap harinya. Khusus Rabu dan Sabtu, semua pemain mendapatkan gemblengan fisik dan sisanya latihan teknik.

"Mungkin nanti waktunya sedikit dikurangi. Tapi materi latihan semuanya normal seperti biasa," kata salah satu andalan basket nasional, Christian Ronaldo “Dodo” Sitepu, Jumat (12/07/13).

Pemain Indonesia Warriors itu bilang, perkembangan timnas makin bagus. Salah satu faktornya banyak pemain muda dengan usia terpaut tak terlalu jauh hingga mempercepat adaptasi.

Dodo yakin, target medali perunggu bidikan para pengurus Persatuan Bola Basket Indonesia (Perbasi) dalam ajang multi-event se-Asia Tenggara bisa terealisasi.

"Sebenarnya belum bisa ngomong banyak karena pemain belum semuanya gabung. Kalau target dari manajemen memang perunggu tapi kami ada kesempatan untuk (meraih) perak,” tutur dia.

Kepada Antaranews Dodo menyebut Filipina, Thailand, dan Malaysia sebagai rival yang patut diwaspadai. Dia pun optimistis Indonesia mampu bersaing dengan ketiga negara itu.

Dari 17 pemain yang tergabung dalam timnas, baru 12 orang yang sudah menjalani latihan rutin. Beberapa pemain masih terbelit cedera, Arki Dikania Wisnu yang masih cedera lutut.

"Semoga dua minggu lagi saya sudah bisa gabung dengan timnas. Saat ini masih terapi juga latihan ringan seperti joging dan sepeda. Perkembangan ada tapi pelan," kata Arki.

Dia merasakan pengalaman pertama bergabung dengan pelatnas basket. Namun, pria yang sempat bermukim di Amerika Serikat itu harus bekerja keras meski tengah cedera lutut.

Dalam waktu dekat, timnas basket akan menciut menjadi 12 pemain. Artinya, lima pemain akan tercoret dari daftar. Pencoretan itu rencananya berlangsung pada 5 Agustus mendatang.

"Saya senang bisa dipanggil masuk timnas, kalau bisa main akan berikan yang terbaik. Tetapi mengalir saja, saat ini saya fokus untuk sembuh dulu," tutur Arki.

Timnas basket untuk SEA Games 2013 juga bakal turun dalam ajang Islamic Solidarity Games (ISG) 2013, September mendatang di Palembang, Sumatera Selatan.

Sebagian pemain sebelumnya telah menjalani tes fisik berupa bleep test dan lari 300 meter. Dua uji coba telah jadi menu berikutnya, yakni menghadapi tuan rumah Filipina dan Taiwan.


Editor : Daniel Sasongko

  • comment
Komentar