tag
Basket
Meninggal Usia 94 Tahun

Peraih Poin Awal NBA Tewas

Rabu, 31 Juli 2013 12:22 WIB
Oscar Schectman, pencetak poin pertama NBA, meninggal dunia.
  • Peraih Poin Awal NBA Tewas

    Oscar 'Ossie' Schectman (tengah) saat masih hidup.

Oscar 'Ossie' Schectman, yang tercatat sebagai orang pencetak angka pertama dalam sejarah NBA, meninggal dunia pada usia 94 tahun, Selasa setempat atau Rabu (31/07/13) WIB.

Saat mencatatkan diri sebagai peraih poin perdana di NBA, Oscar Schectman memperkuat New York Knicks. Oscar melakukannya lewat aksi lay up saat bermain pada tujuh dekade lalu.

Oscar Schectman mencetak angka pertama ketika NBA masih bernama BAA pada 01 November 1946 dalam duel Knicks melawan Toronto Huskies.

Pertandingan di Maple Leaf Garden, Toronto, berakhir dengan kemenangan 68-66 untuk Knicks. Oscar mencatat rata-rata 8,1 poin dan 2 assist untuk Knicks sepanjang 1946-47.

New York Knicks mengumumkan kematian Oscar. Peter, anak Oscar Schectman, menjelaskan ayahnya tidak menderita sakit dan meninggal akibat komplikasi kegagalan bernapas.

“Ossie Schectman adalah pionir di NBA. Dengan mencetak angka pertama di NBA menempatkan dia dalam sejarah NBA,” kata komisioner NBA David Stern.

Oscar bukan anggota Naismith Memorial Basketball Hall of Fame, namun dia jadi anggota New York City Basketball Hall of Fame, National Jewish Sports Hall of Fame dan Long Island University Athletic Hall of Fame.


Editor : Jhon Purba

  • comment
Komentar