tag
Basket
NBL Indonesia 2013-2014

Kim Dong Won Rebut Titel Pelatih Terbaik NBL 2014

Sabtu, 31 Mei 2014 18:05 WIB
Ungguli AF Rinaldo, Kim Dong Won jadi pelatih terbaik NBL musim 2013-2014.
  • Kim Dong Won Rebut Titel Pelatih Terbaik NBL 2014

    Kim Dong Won (CLS Knights Surabaya)

Pelatih tim CLS Knights Surabaya, Kim Dong Won terpilih sebagai pelatih terbaik pada kompetisi bola basket nasional Speedy NBL Indonesia musim 2013-2014, Sabtu (31/05/14).

Keterangan tertulis NBL Indonesia yang diterima Antara di Surabaya, menyebutkan bahwa pelatih asal Korsel yang akrab disapa Mr Kim itu, mendapat nilai tertinggi 311 poin, mengungguli sejumlah kandidat lain, seperti AF Rinaldo (Garuda Kukar Bandung).

Gelar pelatih terbaik merupakan hasil pilihan dari seluruh pemain yang berkiprah di kompetisi NBL dengan memberikan suara pada akhir musim reguler.

"Pemain tidak diperbolehkan memilih pelatih dari timnya sendiri. Mereka hanya diberi kesempatan untuk memilih tiga pelatih dari tim lawan dengan memberi peringkat satu (nilai 5), dua (nilai 3) dan tiga (nilai 1). Pelatih dengan jumlah nilai terbanyak dinobatkan sebagai yang terbaik," papar Komisioner NBL, Azrul Ananda.

Dari perspektif para pemain, Mr. Kim dinilai berhasil membawa perubahan positif bagi tim asuhannya CLS Kinghts. Dengan mengusung gaya Korea, dia menggusur gaya Amerika yang diterapkan pelatih sebelumnya, Eduard Santos Vergeire.

Di tangan pelatih berusia 66 tahun tersebut, CLS bermain lebih cepat, pertahanan lebih kuat dan akurasi tembakan yang tinggi. Warna baru CLS yang diterapkan Mr Kim adalah skema "double point guard" dengan memainkan Mario Wuysang dan Dimaz Muharri secara bersamaan.

Pelatih asal Korsel itu juga hanya memainkan satu "bigman" dalam pola strateginya dan menegaskan lima pemain utamanya harus bisa mencetak poin, sehingga lawan akan sulit menjaga.

"Sosok Mr Kim merupakan pelatih yang punya karakter khas. Dia juga punya rasa untuk melihat kemampuan pemain," ujar kapten tim Pelita Jaya Energi M Jakarta, Andy "Batam" Poedjakesuma, yang pernah ditangani Mr Kim saat masih membela Aspac Jakarta.

Sementara itu, gelar pelatih terbaik untuk kompetisi di bagian putri WNBL Indonesia 2013/2014, jatuh kepada Jacky I Hatta yang mengarsiteki tim Merah Putih Predators Jakarta.


Penulis : Abinery Hamzano

Tag Terkait

#CLS Knights Surabaya
  • comment
Artikel Terkait
Komentar