tag
Basket
Cari Dukungan ke KONI

Perbasi Bersikeras Naturalisasi Pebasket Asing

Rabu, 02 Juli 2014 17:14 WIB
Perbasi berencana melakukan naturalisasi beberapa pemain asing.
  • Perbasi Bersikeras Naturalisasi Pebasket Asing
    internet

    Klub Hang Tuah.

Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) memiliki wacana untuk menaturalisasi pebasket asing untuk menambah kekuatan basket Indonesia. Rabu (02/07/14), demi memuluskan niatnya itu, Perbasi mencari dukungan dari KONI.

Sekjen Perbasi Agus Mauro melakukan kunjungan ke kantor Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) untuk menemui Ketua Umum KONI Tono Suratman. Tujuannya menyampaikan program naturalisasi beberapa pemain asing dari beberapa negara untuk menambah kekuatan dan membentuk tim Indonesia menyambut event-event internasional.

Agus tak sendiri melakukan kunjungan ke KONI Pusat. Dia ditemani oleh beberapa pengurus klub Club CLS dan Hang Tuah serta tiga orang pemain yang sedang dalam proses naturalisasi. Agus menegaskan basket Indonesia perlu penguatan dari luar, seperti yang dilakukan negara tetangga, antara lain Singapura dan Filipina.

"Saat ini kita semakin sulit bersaing, walau di ASEAN sekalipun. Oleh karena itu kita perlu terobosan dan sekarang saatnya. Di samping untuk memperkuat tim, keberadaan pemain naturalisasi dapat dimanfaatkan sebagai coach sekaligus sebagai penggerak dinamika basket di Tanah Air," tegas Agus Mauro seperti dilansir situs KONI.

Menyambut program naturalisasi, Tono Suratman selaku Ketua KONI Pusat menyampaikan dukungan. Tono yakin keputusan menunjuk para calon pemain naturalisasi sudah didasarkan pada beberapa aspek pertimbangan, seperti kemapuan, tinggi badan, serta sisa waktu umur efektif untuk bermain dengan baik.  

'Mudah-mudahan penunjukan ini sudah melalui seleksi secara komprehensif, sehingga mampu membangkitkan dinamika perbasketan dan sekaligus mengangkat prestasi nasional," jelas Tono.


Penulis : Zainal Hasan
Editor : Jhon Purba

  • comment
Komentar